Welcome to Our Website

Anak Kekurangan Vitamin A, Ini Dampaknya

vitamin anak

Babylon – Vitamin A baik berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Itulah sebabnya, banyak orang tua berusaha memenuhi kebutuhan vitamin anak ini dengan harapan penglihatannya selalu baik dan tidak perlu menggunakan alat bantu, seperti kacamata. Apalagi dengan tingginya penggunaan gadget yang dipercaya dapat memengaruhi kesehatan mata akibat radiasi sinar yang dipancarkan.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata vitamin A memiliki peran yang lebih besar dari itu? Berikut ini adalah penjelasannya. Melansir situs ncbi.nlm.nih.gov, ada dua dampak terburuk yang bisa terjadi ketika anak kekurangan vitamin A, yaitu:

vitamin anak

1. Kebutaan

Tidak hanya dapat menyebabkan gangguan penglihatan hingga membuat anak harus menggunakan kacamata, kekurangan vitamin A ternyata juga bisa menyebabkan terjadinya kebutaan. Sebab, kondisi tersebut berpotensi menyebabkan anak mengalami xerpthalmia atau mata kering. Jika kondisinya cukup parah maka kornea mata dan retina akan rusak sehingga menyebabkan kebutaan permanen. Berdasarkan data WHO diperkirakan ada sekitar 250.000-500.000 anak yang mengalami buta permanen akibat masalah ini.

2. Kematian

Tidak hanya itu saja, melansir dari situs who, setengah dari jumlah anak yang mengalami kebutaaan permanen akibat kekurangan vitamin A meninggal dunia 12 bulan setelahnya. Penyebabnya karena kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan dan diare pada anak. Selain itu, kemampuan tubuh anak untuk melawan adanya infeksi juga berkurang drastis. Akibatnya, masalah klinis yang kecil sekali pun dapat berdampak parah pada anak.

Selain dua bahaya di atas, kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, maka Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A pada anak melalui berbagai makanan yang dikonsumsinya.

Selain itu, anak yang mengalami kekurangan vitamin A juga akan menunjukkan tanda, antara lain:

  • Kulit kering
  • Mata yang selalu terasa kering
  • Gangguan penglihatan
  • Mudah sakit (karena imun tubuh yang turun)

Jika anak menunjukkan beberapa gejala di atas, maka segera periksakan kondisi tubuhnya ke dokter. Bisa saja, Anda merasa sudah mencukupi kebutuhan vitaminnya melalui makanan tetapi ternyata kebutuhan anak lebih dari itu. Sebab, kebutuhan vitamin pada setiap anak juga bisa berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *