Welcome to Our Website

6 Alasan Mengapa Muncul Gigi Kuning pada Anak

gigi kuning pada anak

Babylon – Penyebab gigi kuning pada anak dapat berbentuk karies, gigi berlubang, cidera, genetik, dampak suplemen sampai keadaan klinis. Setiap menyaksikan sang kecil tersenyum, rasanya pasti membahagiakan. Tetapi, bisa jadi malah dibarengi rasa cemas jika kelihatan gigi kuning pada anak. Apa factor genetik atau mungkin kurang jaga kebersihan gigi? Apa saja pemicunya, masih tetap ada langkah untuk menanganinya.

Menariknya, gigi anak memang dengan alami warna lebih putih dibanding sama orang dewasa. Nach, saat anak berkembang dan memulai mempunyai gigi tetap, kandungan dentin dapat membuat gigi anak kuning dibanding dengan awalnya. Pemicu gigi anak kuning. Lantas, apa pemicu gigi kuning pada anak?

gigi kuning pada anak

1. Plak

Tidak rajin menyikat gigi memungkinkan memunculkan penumpukan karies di atas gigi. Mengakibatkan, gigi juga dapat terlihat kuning. Tidak cuma masalah frekwensi menyikat gigi, minuman dan makanan bisa juga punya pengaruh pada warna gigi. Rutinitas tidak menyikat gigi ini dapat mengakibatkan bintik pada gigi.

2. Gigi berlubang

Keadaan gigi berlubang bisa juga membuat warna gigi berbeda kekuningan. Bahkan juga pada keadaan pembusukan gigi atau tooth decay, awalannya kelihatan titik warna gelap. Dari hari ke hari, titik ini akan mengakibatkan gigi berlubang.

3. Cedera

Saat anak tanpa menyengaja alami cidera pada gigi, pembuluh darah dapat pecah hingga membuat warna gigi berbeda. Misalnya jadi terlihat kekuningan, kecokelatan, keabuan, sampai kehitaman.Sesudah trauma terjadi, pembuluh darah kapiler dalam gigi bisa juga pecah. Lebih detil kembali, ini disebutkan dengan hemosiderin yakni protein darah yang bakal tercipta di aliran antara gigi. Bahkan juga, cidera bisa juga punya pengaruh pada keadaan enamel gigi.

4. Genetik

Ada orang yang alami thin tooth enamel yakni giginya memang terlihat kekuningan semenjak lahir. Factor genetik ikut berperanan di sini. Ada peralihan warna gigi yang lain dengan warna baiknya yakni putih.Penting untuk orang-tua untuk mengawasi keadaan kesehatan gigi anak mereka jika alami ini. Karena, enamel tipis ini tingkatkan resiko sang kecil alami gigi berlubang dan permasalahan yang lain.

5. Paparan fluoride

Sudah rajin menyikat gigi namun tetap terlihat kekuningan? Bisa saja karena gigi anak terkena kebanyakan fluoride. Sumbernya dapat dari air, odol, atau makanan yang terfortifikasi. Sebetulnya, fluoride berguna untuk mempertahankan kesehatan gigi. Tetapi, pasti tidak terlalu berlebih.Keadaan ini disebutkan dengan fluorosis. Ciri-ciri intinya ialah timbulnya titik warna putih atau kecokelatan di gigi. Mengakibatkan, enamel gigi disekelilingnya akan terlihat kuning.

6. Konsumsi suplemen

Pemberian suplemen khususnya berbentuk zat besi bisa juga mengakibatkan warna gigi anak jadi kekuningan, keabuan, bahkan juga kehitaman. Tetapi, sudah pasti ini tidak mutlak tergantung pada keadaan genetik dan factor yang lain.Jika sangsi sekitar ini, tanya dahulu ke dokter specialist anak atau dokter gigi mengenai suplemen yang aman. Ada beberapa alternative pemberian suplemen yang tidak memunculkan efek gigi kuning pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *